Selasa, 15 Februari 2011

enam bulan yang menakjubkan


Tanpa terasa, udah 6 bulan aja umur Dafi. Padahal baru kemaren rasanya gw ngerasain sakitnya melahirkan, menderitanya ketika pertama kalinya menyusui, dan segambreng 'keluhan' lumrah ibu2 habis melahirkan normal lainnya. Alhamdulillah banget sekarang masa-masa 'menyakitkan' itu udah lewat diganti dengan masa-masa 'melelahkan' ehhehe. Kok kesannya punya anak itu susah banget ya?

Tapi memang benar kok, berdasarkan pengalaman pribadi gw fase yang kita lalui dari awal hamil sampai punya anak berbeda tingkatan 'keluhannya'

3 bulan pertama kehamilan : musti hati-hati banget menjaga kandungan secara kan janin masih belum kokoh banget, bagi sebagian besar orang ini adalah masa-masa mual dan muntah serta bawaan hamil lainnya yang amat sangat ga enak. Syukurlah gw ga ngalamin yang namanya mual dan muntah serta syindrom ibu-ibu hamil lainnya.

3 bulan kedua kehamilan : mulai agak enakan, perut mulai kliatan, trus otot-otot perut mulai meregang, tapi maa-maa ini yang paling enak karena kekhawatiran akan keguguran udah berkurang. Syndrom mual dan muntah jg udah ga ada lagi

3 bulan ketiga ; janin mulai bergerak, perut kian membesar dan serunya hunting berbagai perlengjapan bayi. O, ya gw jg ingat masa2 terakhir kehamilan perasasaan gw campur aduk antara takut melahirkan dan juga pengen ketemu ama janin yang gw tenteng2 selama berbulan-bulan itu.

well saat melahirkan pun tiba, seperti entri sebelumnya Alhamdulillah semua berjalan lancar. Gw bisa melahirkan normal, ditemani suami tercinta. Kata Mr. J sih dia emang bela-belain mau nemanin gw melahirkan biar tau gimana perjuangan gw melahirkan anaknya dan agar penghargaannya terhadap istri kian bertambah. Ehhm amiinn..o,ya katanya sih nemenin istri melahirkan itu penting bgt buat para bapak2 agar ketika niat untuk berbuat ga jujur a.k.a selingkuh terlintas segera ingat perjuangan istri antara hidup dan mati ketika melahirkan anaknya. Jiaghhh..

Lantas kenapa Dafi? Ya gw menamai sendiri nama anak gw. Dafi dalam bahasa indonesianya sih artinya 'sang pemberi semangat'. Gw sempat mengalami masa-masa 'mellow' ketika hamil dulu tapi ketika mengingat dia gw jadi semangat lagi. Gw juga nyaris putus asa ketika mau melahirkan normal, tapi berkat doa dan semangat dari suami dan tentu saja karena ingat bakal segera ketemu dengan dia gw jadi semangat lagi buat 'mengejan' hihihi...Dan harapan gw, semoga kelak dia selalu jadi penyemangat buat keluarganya dan orang-orang disekitarnya. Gw juga berharap agar dia selalu penuh semangat. Semangat untuk maju, semangat untuk melakukan yang terbaik, semangat untuk tetap berada dijalan yang lurus serta semangat untuk selalu bangkit ketika harus mengalami keterpurukan.

Kemudian Pasha. Pasha artinya kurang lebih raja, pemimpin. Dia cowok. Dan bagi gw sejatinya seorang cowok adalah pemimpin. Semoga kelak dia bisa berjiwa pemimpin. Pemimpin sejati adalah dia yang bertanggung jawab, dia yang arif dan bijaksana, dia yang berjiwa besar, dia yang gagah berani, dia yang bisa diandalkan.

Dan Ibrahim. Ibrahim adalah nama salah seoprang Nabi. Bapaknya para Nabi. Gw berharap kelak dia meneladani sifat-sifat agung Nabi Ibrahim. Selalu menjaga ketauhid-annya. Keyakinannya terhadap Allah yang satu tidak luntur dan goyah oleh berhala-berhala. Pencarian sejatinya akan Allah yang satu tidak pernah surut meski dia harus mengorbankan jiwa dan raganya.

O,ya kita liat yuk perkembangan dafi selama 6 bulan ini :
Dafi lahir tanggal 11 Agustus 2010 hari rabu, hari pertama bulan Ramadhan 1431 H PUKUL 23.23 wib. BB 3400gram dan PB 51Cm

Usia 6 hari tali pusarnya copot.

Usia 37 hari imunisasi BCG, BB 4300Gram PB 59Cm

Usia 42 hari ke Dr. SpA untuk pertama kalinya, BB 4200Gram. Dokter 'ga terima' berat dafi naiknya irit banget. Waktu itu Dafi ASI campur Sufor, disuruh stop pake sufor.

Usia 2 bulan seminggu ke Dr. SpA lagi, imunisasi Hep B. BB 4400Gram. Dokter menyarankan dafi cek darah. Ya, Allah gw kuatir bgt. Gw kasih ASIX ke dafi sesuai anjuran dokter

Usia 2,5bulan ganti dokter lagi. berat juga hampir sama. Akhirnya gw nyerah pake sufor lagi, kemudian gw pulang kampung berobat ke kampung.

Usia 3,5 bulan imunisasi DPT1 BB 4700Gram. Gw hampir stress dengan berat dafi yg cuma segitu, tapi perkembangannya Alhamdulillah lumyan pesat. Umur 50 hari pernah tengkurap sendiri. Trus udah bisa miring-miringin badan. Gerakan motorik yang lain juga aktif banget. Belum lagi matanya yang juga bersinar dan juga udah suka liat2 sekeliling yang menurut gw menandakan bahwa dia sehat.

Usia 4 bulan 3 minggu, BB 6400Gram. Akhirnya Dafi mencapai berat badan normal. Gw akhirnya memang ngasih sufor. Gw sadar selama ini beratnya ga naik karena kurang asupan. ASI gw dikit sedagkan dia nyusunya kuat. Sedih sih, ga bisa ngasih ASIX tapi gw udah pernah nyoba cuma apa amu dikata. Hobi tengkurap. Tepatnya dafi bisa tengkurap sendiri usia 3,5 bulan.

Usia 5 bulan imunisasi DPT2 BB 6800Gram. PB 65,2Cm. tengkurap dan menelentang sendiri udah mahir banget. Trus Guling-gulingan dari sudut ke sudut juga udah jago. Suka ngisap jari. Menoleh kalo dipanggil, ketawanya juga udah berbunyi alias terbahak-bahak kalo lagi geli banget :D

Usia 5 bulan 3 minggu gw kasih makan. Habisnya tiap kali liat gw makan dia ikutan berdecap-decap gitu. ngiler kali. Memang masih makanan instan makannya lahap banget.

Sekarang 6 bulan 5 hari usia Dafi. BB 7800Gram. Dia lagi flu berat, Batuk berdahak dan ingusan. Kasian. Tadi udah ke dokter. dikasih obat. Makannya juga susah banget, belum lagi manja dan rewelnya. Duh, anak sayang cepet sembuh yaaa..
Dafi makin lihai tengkurap bolak balik, kadang pantatnya juga diangkat-angkat kaya' nungging gitu. Guling-gulingan tetep. Ngocehnya makin 'berirama' hehehhe. Kadang suka senyum-senyum kalo diajak ngobrol. Kaya ngerti ajaaa... Truss hobi memasukkan benda apapun ke mulut makin jadi. Udah bisa meraih benda2 disekitarnya dan...masuk mulut! Suka nendang2 perut gw kalo lagi digendong. Trus juga suka nabokin dan nyakar muka orang yang deket ama dia hihihi..

Semoga cepat sembuh jagoan Ummi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar