Jumat, 18 Februari 2011

Bukan bayi ASIX, hinakah?

Sebagai new mom, gw sering googling tentang bayi. Gimana merawatnya, makanannya, perkembangannya dan tetek bengek lainnya. Setiap ibu menginginkan yang tebaik untuk anaknya kan? Cuma yang agak menyesakkan dada adalah soal ASI. Kenapa? Karena Dafi bukanlah bayi ASIX. Well gw tau ASI is the best, tapi ga semua ibu bisa memberikan ASIX untuk anaknya.

Memang sejak lahir Dafi udah dikasih susu formula, awalnya adalah karena ketidaktahuan gw ama suami. Petugas medis di klinik tempat gw melahirkan menyarankan ngasih sufor karena ASI gw belom keluar. Sebenarnya ada rasa enggan juga sih, cuma karena perawatnya bilang, kasian anaknya bu nanti kelaparan, maka buru-burulah suami membeli susu formula.

Tapi namanya bayi baru lahir, kerjanya tiduuuuuuuuuur mulu, boro2 mau minum tu susu, buka mata aja ogah hehehe. Cuma gw bersyukur Dafi dapet colostrum kok, untung gw gigih minta agar perwatnya ngajarin gw buat nyusuin Dafi beberapa jam setelah dia lahir :)Hari ketiga setelah melahirkan gw udah pulang kerumah. Wah, tau sendiri ribetnya abis melahirkan apalagi normal. Badan masih lemes, jalan masih sempoyongan ditambah lagi nyeri ditempat-tempat tertentu. Belum lagi gw yang bener-bener belom bisa menggendong bayi dengan baik-dan bener. Ditambah lagi PD yang bengkak kerna ASI blom keluar. Lengkap sudah! O,ya baru tau tertnyata menyusui untuk pertama kali itu sakitnya minta ampuuuuuuuuuunnnn ampe lecet dan berdarah-darah. Oh, Tuhan sungguh benar kalo sorga itu dibawah telapak kaki ibu.

Nah, karena ketidak tahuan itulah gw menganggap kalo ASI gw dikit dan ngasih Dafi sufor. Tapi frekuenasi ASI lebih sering dari sufor kok. Cuma ASI yang melimpah didapat dari asupan gizi yang banyak kan? Entah kenapa habis melahirkan gw bener-bener ga selera makan. Belum lagi baby blues syndrom, gw bawaannya pengen nangis aja, sedih dan stress berat dan ga tau sebabnya apa. Mungkin itu juga berpengaruh terhadap produksi ASI gw, jadilah keluarnya irit banget. Sering ngiri dengan cerita temen-temen atopun sodara2 gw yang bilang ASInya melimpah ruah, sampai netes-netes dan bikin baju basah saking banyaknya. Sedang gw? Yang ada tiap menyusu Dafi nangis terus karena dapatnya dikit :(

Bulan kedua gw nyoba stop sufor, gw paksain ngasih ASIX dan hasilnya adalah:
Dafi sepanjang siang ga pernah tidur paling lama setengah jam, malampun juga tidur diatas jam sebelas malam. Otomatis jam tidurnya kurang lebih 7-8 jam. Padahal bayi itu tidurnya mesti banyak kalo nggak salah 15-18 jam sehari!

Berat badan Dafi juga naiknya dikit banget dalam sebulan cuma nambah 200gram sodara-sodara! Padahal minimal bayi 0-6 bulan paling nggak naiknya 1kilo! Siapa yang gak stress coba?

Bulan ketiga ampe sekarang akhirnya gw make sufor lagi, walo ASI masih tetep. Nah, akhirnya Dafi bisa tidur pulas, Berat badannya naik dan yah gw lega banget!

Gw bukannya gak berusaha, gw udah makan sebanyak-banyaknya, udah pernah nyoba pompa ASI juga tetep hasilnya gak memuaskan. Yang ada berat badan gw naik 10kilo dari berat sebelum hamil dulu, cuma ASI tetap ga melimpah ruah seperti ibu2 menyusui lainnya.

Kadang sedih baca kalimat-kalimat ataupun artikel2 tentang bayi ASIX dan bayi sufor dan juga pernyataan ibu2 yang bisa ngasih ASIX yang kadang menyudutkan ibu2 yang make sufor. Kondisi masing-masing orang kan beda! Bersyukurlah bisa ngasih ASIX, selain kualitasnya terjamin dan ga perlu keluar duit lagi buat beli sufor yang harganya gak murah. Cuma jangan pernah menjudge kalo ibu yang ngasih sufor ga sayang anak.

O,ya soal anak ASIX lebih pintar dan juga lebih2 yang lain dari anak yang gak ASIX gw rasa juga terlalu overrating deh. Gw setuju ASI is the best tapi soal pintar dan gak pintarnya seseorang kan bukan dari ASI aja? Setau gw orang2 jaman dulu (berdasarkan cerita dari nenek gw) bayi baru lahir udah dikasih bubur, pisang dan makanan lainnya yang di jaman sekarang baru dikasih setelah bayi berumur 6 bulan! dan hey lihat, banyak tuh yang jadi dokter, insinyur, mentri dll.

OK, kesimpulannya usahakan meberikan ASIX kepada bayi anda minimal sampai usia 6 bulan tapi kalo ga bisa, jangan pula merasa menjadi ibu yang buruk karena ngasih sufor. Yang pasti kita sendiri yang tau seberapa besar cinta kita kepada anak kita dan cinta gak hanya diukur dari bisa ngasih ASIX apa enggak, ya kan?

up-date:

Dafi pertama kali dikasih MPASI usia 4,5 bulan. Gw kasih roti yang dilumatin ama susu, juga air jeruk tapi cuma 3 kali setelah itu gak lagi baru pada usia 5 bulan 3 minggu gw kasih bubur itupun masih pake yang instan selama 4 hari sekarang Dafi makan MPASI buatan sendiri, tepung gasol organik beras merah dan kacang ijo, juga puree buah-buahan :) Alhamdulillah makannya lumayan lahap. Sufor mulai dikurangi yang sebelum MPASI bisa 3-4 botol ukuran 180mili menjadi 2-3 botol ukuran 120mili. ASI masih tetep.

2 komentar:

  1. yup....kalo browsing2 kadang komen tentang bayi yang ga ASIX suka sadis2 ya, nyalahin ibunya padahal setiap ibu pastinya ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya (termasuk ASI)
    ah udahlah jeunglee jangan terlalu mikirin omongan orang, kondisi tiap orang kan beda2. btw, dirimu masih babyblues kah? iad kemaren lumayan parah juga.
    namanya juga anak pertama, walo dah berusaha nyari info sebanyak mungkin teteeep aja ada yg kurang ya? waktu pertama kali ngasih ASI emang sakit banget, tapi pas cerita ke Dokter SpOG, katanya itu karena posisinya yg ga pas, seharusnya menyusui itu ga menyakitkan ibu karena itu kan proses alami. Setelah diajari, alhamdulillah ga sakit lagi lho..... :)

    BalasHapus
  2. iya nih emak qisthi suka sedih dg komen2 soal bayi sufor tp skrg mah ga lagi. toh kita sendiri kan yg tau apa yg terbaik utk anak kita. baby blues wkt sebulan pertama abis ngelahirin aja bawaannya sedih dan murung terus, skrg ga lagi :)

    btw soal menyusui boleh pecaya ato enggak diriku br bisa menggendong dan menyususi dg baik dan benar stlh dafi 40hari! kwkwkw emak yg parah :p

    BalasHapus